Update Klasemen MotoGP 2023 - 3 Skenario Sulit Martin Jadi Juara Dunia, Masih Harus Kerja Keras Kalahkan Bagnaia

Update Klasemen MotoGP 2023 – 3 Skenario Sulit Martin Jadi Juara Dunia, Masih Harus Kerja Keras Kalahkan Bagnaia

Masih Harus Kerja Keras Kalahkan Bagnaia, Terpangkasnya jarak poin antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Prima Pramac) di klasemen MotoGP 2023 membuat persaingan untuk gelar juara berlanjut hingga akhir.

Jorge Martin memperpanjang asanya setelah memenangi sprint MotoGP Valencia yang dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (25/11/2023).

Pada lap pertama Martin sudah memburu pemuncak klasemen, Francesco Bagnaia, yang dapat memimpin di tikungan pertama tetapi kemudian melebar.

Setelah melewati Bagnaia, Martin kemudian terlibat duel sengit dengan tiga pembalap terdepan yaitu Maverick Vinales (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Persaingan ketiganya begitu sengit dengan dogfight yang cukup berhasil membuat penonton terus terpaku hingga akhir.

Salah satu momen menegangkan terjadi ketika Marquez mencoba memanfaatkan celah yang dibuka Martin untuk menyalip dari sisi dalam.

Martin langsung menutup “pintu”. Manuver kedua pembalap nyaris menciptakan benturan dengan ban depan Marquez menyentuh bahu kiri Martin hingga baju balapnya lecet.

Setelah mengatasi perlawanan Marquez, Martin kemudian menyalip Vinales dan Binder untuk merebut posisi pertama hingga garis finis.

3 Skenario Sulit Martin Jadi Juara Dunia, Masih Harus Kerja Keras Kalahkan Bagnaia

Hasil ini cukup untuk menjaga peluang Martin atas Bagnaia yang harus puas di posisi kelima kendati start dari posisi yang lebih baik.

Keunggulan 21 poin yang dibawa Bagnaia menuju seri terakhir MotoGP 2023 terpangkas menjadi 14 poin saja jelang balapan pamungkas pada Minggu (26/11/2023) besok.

Martin memang spesialis lomba sprint. Dari 20 sprint yang berlangsung musim ini, dia memenangi sembilan di antaranya. Hampir setengahnya!

Persaingan belum berakhir. Esok, Martin akan menghadapi Bagnaia di “kandangnya”.

Dalam hal balapan utama MotoGP, Bagnaia lebih baik dengan hasil enam kemenangan dan selalu finis tiga besar dalam enam balapan terakhir.

Dengan jarak 14 poin, Bagnaia cuma perlu finis lima besar untuk memastikan gelar. Unggul dalam jumlah kemenangan atas Martin (4), Nuvola Rossa tetap pertama walau poinnya sama.

Martin hanya bisa juara apabila mencetak 15 poin lebih banyak daripada Bagnaia saat balapan utama MotoGP Valencia.

Artinya, dia minimal wajib finis tiga besar sambil berharap Bagnaia mendapatkan kesialan pada pentas terakhir dari kejuaraan musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *